STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Karakteristik Kurikulum
Kurikulum tingkat satuan pendidikan dikembangkan dengan karakteristik sebagai berikut :
Kurikulum SMA IT Nur Hidayah adalah menggunakan kurikulum 2013 yang dikembangkan mendasarkan pada filosofi sebagai berikut:
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan filosofi sebagaimana di atas dalam mengembangkan kehidupan individu peserta didik dalam beragama, seni, kreativitas, berkomunikasi, nilai dan berbagai dimensi inteligensi yang sesuai dengan diri seorang peserta didik dan diperlukan masyarakat, bangsa dan umat manusia.
Kurikulum 2013 dikembangkan atas dasar adanya kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan, dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sebagaimana termaktub dalam tujuan pendidikan nasional. Perkembangan suatu bangsa semestinya mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi Informatika dan Komunikasi. Demikian juga dengan sistem pendidikan yang dianut semestinya bersifat sangat dinamis, mengikuti perubahan sosial yang berkembang sesuai tuntutan baru dalam masyarakat, dunia kerja, dan dunia ilmu pengetahuan yang berimplikasi pada tuntutan perubahan kurikulum secara terus menerus.
Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan konsepsi pendidikan yang bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta konteks kehidupannya sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik transformatif. Konsepsi ini menuntut bahwa kurikulum harus didudukkan sebagai wahana pendewasaan peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan mendapatkan perlakuan pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan jamannya. Kebutuhan ini terutama menjadi prioritas dalam merancang kurikulum untuk jenjang pendidikan menengah khususnya SMA. Oleh karena itu implementasi pendidikan di SMA yang selama ini lebih menekankan pada pengetahuan, perlu dikembangkan menjadi kurikulum yang menekankan pada proses pembangunan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik melalui berbagai pendekatan yang mencerdaskan dan mendidik. Penguasaan substansi mata pelajaran tidak lagi ditekankan pada pemahaman konsep yang steril dari kehidupan masyarakat melainkan pembangunan pengetahuan melalui pembelajaran otentik. Dengan demikian kurikulum dan pembelajaran selain mencerminkan muatan pengetahuan sebagai bagian dari peradaban manusia, juga mewujudkan proses pembudayaan peserta didik sepanjang hayat.
Kurikulum 2013 dikembangkan atas teori “pendidikan berdasarkan standar” (standard-based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Pendidikan berdasarkan standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warganegara yang dirinci menjadi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak. Kurikulum 2013 menganut : (1) pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.
Landasan yuridis Kurikulum 2013 adalah:
C. Standar Kompetensi Lulusan SMA IT Nur Hidayah
Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.
Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Dimensi |
Kualifikasi Kemampuan |
1. Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa; 2) berkarakter, jujur, dan peduli;3) bertanggungjawab; 4) pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5) sehat jasmani dan rohani, sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
2. Pengetahuan |
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: 1) ilmu pengetahuan; 2) teknologi; 3) seni; 4) budaya; dan 5) humaniora. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional. |
3. Keterampilan |
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: 1) kreatif; 2) produktif; 3) kritis; 4) mandiri; 5) kolaboratif; dan 6) komunikatif; melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri |
D. Struktur Kurikulum
1. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMA/MA pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
Tabel 1: Kompetensi Inti SMA/MA
KOMPETENSI INTI KELAS X |
KOMPETENSI INTI KELAS XI |
KOMPETENSI INTI KELAS XII |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku: jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku: jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku: jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasar pada rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasar pada rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasar pada rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan. |
4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan. |
Kompetensi Inti tersebut dijabarkan kedalam Kompetensi Dasar pada setiap matapelajaran dan untuk selanjutnya dirumuskan menjadi materi ajar (Permendikbud No. 37 Tahun 2018).
Struktur kurikulum SMA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahun mulai kelas X sampai dengan XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai untuk semua mata pelajaran.
Tahun Pelajaran 2019/2020 SMA IT Nur Hidayah memiliki struktur kurikulum mengikuti pola dan ketentuan Kurikulum 2013 sebagaimana diatur dalam Permendikbud RI No. 36 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud RI No. 59 tahun 2014 tentang Kurikulum SMA/MA. Adapun struktur kurikulum meliputi Kelompok Mata Pelajaran Wajib A dan Wajib B, Kelompok Peminatan, dan Lintas Minat.
Jumlah mata pelajaran di kelas X adalah yaitu 16 mata pelajaran yang terdiri atas: 6 mata pelajaran wajib A, 4 mata pelajaran wajib B, 4 mata pelajaran peminatan, dan 2 mata pelajaran lintas minat. Adapun jumlah mata pelajaran di kelas XI dan XII adalah sama, yaitu 15 mata pelajaran yang terdiri atas: 6 mata pelajaran wajib A, 4 mata pelajaran wajib B, 4 mata pelajaran peminatan, dan 1 mata pelajaran lintas minat.
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas X Peminatan MIPA
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Matematika |
3 |
3 |
12. |
Biologi |
3 |
3 |
13. |
Fisika |
3 |
3 |
14. |
Kimia |
3 |
3 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
3 |
3 |
16. |
Bahasa dan Sastra Inggris |
3 |
3 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
6 |
6 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
44 |
44 |
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas X Peminatan IPS
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Sejarah |
3 |
3 |
12. |
Geografi |
3 |
3 |
13. |
Sosiologi |
3 |
3 |
14. |
Ekonomi |
3 |
3 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
3 |
3 |
16. |
Bahasa dan Sastra Inggris |
3 |
3 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
6 |
6 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
44 |
44 |
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas XI Peminatan MIPA
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Matematika |
4 |
4 |
12. |
Biologi |
4 |
4 |
13. |
Fisika |
4 |
4 |
14. |
Kimia |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
4 |
4 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
46 |
46 |
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas XI Peminatan IPS
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Sejarah |
4 |
4 |
12. |
Geografi |
4 |
4 |
13. |
Sosiologi |
4 |
4 |
14. |
Ekonomi |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
4 |
4 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
46 |
46 |
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas XII Peminatan MIPA
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Matematika |
4 |
4 |
12. |
Biologi |
4 |
4 |
13. |
Fisika |
4 |
4 |
14. |
Kimia |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
4 |
4 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
46 |
46 |
Struktur Kurikulum SMA IT Nur Hidayah
Kelas XII Peminatan IPS
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu per Pekan |
|
Smt I |
Smt II |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
6. |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
7. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olah Raga |
3 |
3 |
9. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
10. |
Mulok : Bahasa Jawa |
2 |
2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per Pekan |
26 |
26 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
11. |
Sejarah |
4 |
4 |
12. |
Geografi |
4 |
4 |
13. |
Sosiologi |
4 |
4 |
14. |
Ekonomi |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Peminatan Akademik |
12 |
12 |
|
Kelompok Lintas Minat |
|
|
|
15. |
Bahasa dan Sastra Arab |
4 |
4 |
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat |
4 |
4 |
|
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
46 |
46 |
Keterangan:
Mata pelajaran umum kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mata pelajaran umum kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni.
Mata pelajaran peminatan akademik kelompok C merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan.
Kelompok mata pelajaran peminatan akademik bertujuan untuk:
Kelompok mata pelajaran peminatan akademik di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah sebagai berikut.
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu Per Pekan |
||||
Kelas X |
Kelas XI |
Kelas XII |
|||
C. Kelompok Peminatan |
|
|
|
||
Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam (MIPA) |
|
|
|
||
I |
1. |
Matematika |
3 |
4 |
4 |
2. |
Biologi |
3 |
4 |
4 |
|
3. |
Fisika |
3 |
4 |
4 |
|
4. |
Kimia |
3 |
4 |
4 |
|
|
Jumlah Jam Pelajaran Peminatan |
12 |
16 |
16 |
|
Peminatan Ilmu-ilmu Sosial (IPS) |
|
|
|
||
II |
1. |
Geografi |
3 |
4 |
4 |
2. |
Sejarah |
3 |
4 |
4 |
|
3. |
Sosiologi |
3 |
4 |
4 |
|
4. |
Ekonomi |
3 |
4 |
4 |
|
|
Jumlah Jam Pelajaran Peminatan |
12 |
16 |
16 |
|
Pilihan Lintas Minat |
6 |
4 |
4 |
||
Jumlah Jam Pelajaran yang Tersedia per Pekan |
48 |
48 |
48 |
||
Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Pekan |
44 |
46 |
46 |
Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan perkembangan keilmuan, teknologi, dan seni yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan memiliki manfaat jangka panjang bagi bangsa Indonesia. Kurikulum SMA/MA dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar berdasarkan minat mereka. Peserta didik diperkenankan memilih Mata Pelajaran Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat dan/atau Mata Pelajaran Informatika.
Memilih peminatan dapat peserta didik lakukan saat mendaftar pada SMA/MA berdasarkan nilai rapor Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) atau yang sederajat, nilai ujian nasional SMP/MTs atau yang sederajat, rekomendasi guru bimbingan dan konseling/konselor di SMP/MTs atau yang sederajat, dan hasil tes penempatan (placement test) jika dipandang perlu ketika mendaftar di SMA/MA, atau tes bakat dan minat oleh psikolog.
Peserta didik masih mungkin pindah peminatan paling lambat pada awal semester kedua di Kelas X sepanjang daya tampung peminatan baru masih tersedia, berdasarkan hasil pembelajaran berjalan pada semester pertama dan rekomendasi guru bimbingan dan konseling, peserta didik yang pindah peminatan wajib mengikuti dan tuntas matrikulasi mata pelajaran yang belum dipelajari sebelum pembelajaran pada peminatan baru dimulai.
Peserta didik dapat memilih minimal 3 mata pelajaran dari 4 mata pelajaran yang terdapat pada satu peminatan, 1 mata pelajaran yang tidak diambil beban belajarnya dialihkan ke mata pelajaran lintas minat. Selain mengikuti mata pelajaran di peminatan yang dipilihnya, setiap peserta didik harus mengikuti mata pelajaran tertentu untuk lintas minat dan/atau pendalaman minat.
Bila peserta didik mengambil 3 mata pelajaran dari peminatan yang dipilihnya, maka peserta didik tersebut dapat mengambil mata pelajaran lintas minat sebanyak 9 jam pelajaran (3 mata pelajaran) di Kelas X, dan sebanyak 8 jam pelajaran (2 mata pelajaran) di Kelas XI dan XII. Peserta didik yang mengambil 4 mata pelajaran dari peminatan yang dipilihnya, maka peserta didik tersebut dapat mengambil mata pelajaran lintas minat sebanyak 6 jam pelajaran (2 mata pelajaran) di Kelas X atau sebanyak 4 jam pelajaran (1 mata pelajaran) di Kelas XI dan XII.
Peserta didik yang mengambil Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, lintas minatnya harus diluar peminatan yang dipilihnya. Adapun, mata pelajaran lintas minat yang dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X sampai dengan XII.
SMA IT Nur Hidayah tidak memiliki Peminatan Bahasa dan Budaya sehingga dapat menyediakan pilihan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Antropologi atau salah satu mata pelajaran dalam kelompok Bahasa Asing Lain sebagai pilihan mata pelajaran lintas minat yang dapat diambil peserta didik dari Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, sesuai dengan sumber daya (ketersediaan guru dan fasilitas belajar) yang dimilikinya.
Bagi peserta didik yang menggunakan pilihan untuk menguasai satu mata pelajaran tertentu misalnya bahasa asing tertentu, dianjurkan untuk memilih mata pelajaran yang sama sejak Kelas X sampai Kelas XII. Peserta didik Kelas XII dapat mengambil mata kuliah pilihan di perguruan tinggi yang akan diakui sebagai kredit dalam kurikulum perguruan tinggi yang bersangkutan. Pilihan ini tersedia apabila SMA IT Nur Hidayah telah memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi terkait. Pendalaman minat mata pelajaran tertentu dalam peminatan dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan melalui kerjasama dengan perguruan tinggi di kelas XII.
Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang berfungsi memberikan kemampuan berpikir manusia dalam mengatasi persoalan-persoalan yang semakin kompleks agar dapat bersaing di Abad ke-21. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai salah satu bagian dari Informatika merupakan kebutuhan dasar peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuannya pada era digital. Mata Pelajaran Informatika merupakan mata pelajaran pilihan yang diselenggarakan berdasarkan ketersediaan guru sesuai dengan kualifikasi akademik dan kompetensi, serta sarana prasarana pada satuan pendidikan. Alokasi waktu untuk Mata Pelajaran Informatika di Kelas X sebanyak 3 Jam Pelajaran; Kelas XI dan XII masing-masing sebanyak 4 Jam Pelajaran.
Dengan melihat kondisi riil, situasi, dan daya dukung yang ada maka SMAIT Nur Hidayah menyediakan mata pelajaran Lintas Minat untuk peserta didik kelas X di masing-masing peminatan sebanyak dua mata pelajaran Lintas Minat. Adapun untuk peserta didik kelas XI di masing-masing peminatan disediakan satu mata pelajaran Lintas Minat.
Peminatan |
Mata Pelajaran Lintas Minat |
Alokasi Waktu Per Pekan |
|||||
Kelas X |
Kelas XI |
Kelas XII |
|||||
Smt 1 |
Smt 2 |
Smt 3 |
Smt 4 |
Smt 1 |
Smt 2 |
||
MIPA |
1. Bahasa dan Sastra Arab |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
2. Bahasa dan Sastra Inggris |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
|
Jumlah |
6 |
6 |
4 |
4 |
4 |
4 |
|
IPS |
1. Bahasa dan Sastra Arab |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
2. Bahasa dan Sastra Inggris |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
|
Jumlah |
6 |
6 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran. Satu jam pelajaran selama dialokasikan selama 45 menit.
Kurikulum muatan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang disusun oleh satuan pendidikan sesuai dengan keragaman potensi daerah, karakteristik daerah, keunggulan daerah, kebutuhan daerah, dan lingkungan sekitar sekolah yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Muatan lokal dapat berupa kurikulum yang memuat materi tentang karakteristik daerah atau karakteristik satuan pendidikan.
Muatan lokal dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau satuan pendidikan. Tujuan penyelenggaraan pembelajaran muatan lokal adalah untuk membentuk pemahaman atau penguasaan potensi daerah tempat tinggal siswa sehingga bermanfaat untuk memberikan bekal sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ruang lingkup kegiatan pembelajaran muatan lokal meliputi:
Prinsip pengembangan muatan lokal yang menjadi perhatian setiap satuan pendidikan, yaitu:
Jenis muatan lokal berupa potensi dan keunikan lokal yang terkait dengan seni budaya, prakarya, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa dan/atau teknologi. Jenisnya materi berupa bahasa daerah, kesenian daerah, keterampilan dan kerajinan daerah, adat istiadat, dan pengetahuan tentang berbagai ciri khas lingkungan alam sekitar, serta hal-hal yang dianggap perlu untuk pengembangan potensi dan kebutuhan daerah yang bersangkutan.
Dokumen pendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran muatan lokal mengacu pada struktur silabus yang dikembangkan oleh pemerintah dengan memenuhi standar berikut :
Mekanisme pengembangan muatal lokal pada Kurikulum 2013 di satuan pendidikan dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut:
Mekanisme pelaksanaan program muatan lokal dilaksanakan dengan memperhatikan rambu-rambu berikut:
Daya dukung minimal yang perlu mendapat perhatian untuk melaksanakan program muatan lokal adalah:
Atas dasar panduan tersebut, maka SMAIT Nur Hidayah menetapkan muatan lokal yang berdiri sendiri, yaitu Bahasa Jawa.